Kamis, 29 Oktober 2009

contoh dampak orientasi organisasi

saya penah berkunjung ke sebuah tempat makan “seafood” di daerah gunung sahari. Di tempat makan tersebut mereka mempunyai visi misi yang apik, yaitu membuat image tempat tersebut bagus, baik dari segi kualitas makananya, mupun service dan produk yang mereka jual. Nilai yang terkandung dalam sebuah tempat makan tersebut adalah dimana memberikan sebuah hasil produk atau makanan yang baik serta diikuti dengan cara pelayanan yang memuaskan terhadap pelanggan. Aturan di sana juga cukup ketat antara lain, harus rapi, kuku, rambut, jenggot tidak boleh panjang, dan karyawan yang telat lebih dari 20 menit akan dipotong gajinya dari gaji pokok karyawan tersebut. Tingkat profesionalisme dari para pekerjanya juga tidak perlu dipertanyakan lagi karena tahap seleksi yang dibutuhkan untuk bisa bekerja ditempat tersebut cukup ketat, sebelum kerja dimulai mereka melewati masa training yang berarti mereka harus mengikuti kelas untuk memperdalam ilmu mereka dalam dunia restoran. Gaji yang ditawarkan juga cukup menjanjikan. Ada gaji pokok, uang tips, uang service serta uang bonus. Sumber daya yang ada di restoran tersebut juga cukup ada 3 orang yang bekerja sebagai chef, 1 cashier, serta 7 orang waiters yang selalu siap jika dibutuhkan oleh para pelanggan. Rencana kerja dari restoran tersebut juga sangat terencana dengan baik. Progres di sebuah restoran dimulai dengan membuat sebuah konsep tempat, selanjutnya pengenalan produk-produk, dan yang paling penting melakukan promo-promo serta diskon.

* Dari contoh yang telah saya deskripsikan diatas merupakan organisasi berorientasi hasil yang akan berdampak KEMAJUAN

0 komentar:

Posting Komentar